JURNAL SANTRI UNTUK NEGERI

Jendela Dunia

Persiapan Keberangkatan yang Penuh Kejutan

Setelah mengikuti PK LPDP pada tanggal 1-6 Februari 2016, kali ini saya akan berbagi cerita tentang PK LPDP yang merupakan singkatan dari ‘Persiapan Keberangkatan’, tapi sering diplesetin dengan berbagai kepanjangan unik lainnya ‘Penuh Kejutan’ ‘Pak Kamil’ ‘Pencarian Kekasih’ ‘Padat Kegiatan’ deelel

PK ini benar-benar bukan ajang main-main, tapi banyak mainannya juga sih! PK merupakan ajang ketahanan fisik dan mental. Tapi banyak hal indah di balik semua itu dan pasti akan selalu terkenang, buktinya masih suka membayangkan kembali keramaian, keseruan, kegilaan saat masa-masa pra PK, PK, dan juga paska PK.

Saya tergabung dalam PK54 bersama dengan 117 awardee lainnya yang semuanya hebat hebat. Pelaksanaan PK ini akan dilaksanakan selama 6 hari (dulu sampai 12 hari) bersama teman-teman se-angkatan PK sesuai pemetaan yang dilakukan oleh panitia PK dari LPDP. Biasanya satu angkatan terdiri dari 100an lebih awardee dan sangat beragam (bisa dilihat sendiri di database angkatan teman-teman atau demografi angkatan) Read the rest of this entry »

Tinggalkan komentar »

Hitam Putih Bulan Ramadhan

 

Kurang dari sebulan lagi, umat islam akan menyambut kedatangan tamu agung. Berbagai tulisan Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang di Bulan Suci Ramadhan akan segera terpampang jelas di berbagai media, mulai dari sepanduk, banner, dan iklan di berbagai media massa. Tak ketingalan pula beragam makanan dan minuman yang identik dengan ramadhan dan lebaran sudah memenuhi berbagai tempat perbelanjaan. Banyak sekali umat islam yang menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Mereka menyebutnya bulan suci sejalan dengan berbagai keistimewaan dan kemeriahan yang terjadi selama bulan Ramadhan.

ramadan-mubarak-desktop-wallpaper Read the rest of this entry »

Tinggalkan komentar »

Masa Orientasi Santri

MOS ‘Masa Orientasi Santri’ di pesantrenku cukup unik. MOS dikhususkan semua santri yang baru masuk, baik masuk sebagai siswa SD, SMP, ataupun SMA. MOS ini berlangsung selama satu minggu dan banyak ke-ALAY-an yang sungguh kreatif terjadi :D dan MOS pada tahun 2005 itu juga spesial, karena menjadi MOS yang terakhir dilaksanakan di pesantrenku.

Kreativitas sangat mengagumkan, karena dapat mengubah hal-hal yang biasa menjadi luar biasa, pun termasuk mengubah image MOS/OSPEK. 

beberapa kreativitas panitia MOS antara lain:

  • Jalan bebek pakai topi dari koran. Emang deh panitia MOS nya top banget, kreativitasnya tanpa batas. Semua santri diminta bikin topi adat (seingetku dari pulau Sumatera) dari koran dan ‘untungnya’ ada satu kakak tingkat yang tau bagaimana caranya bikin topi. Then, disuruh jalan gaya bebek pakai topi yang sudah dibuat.
  • Disuruh nangis dan dikumpulin di ember. So, terpaksa deh aku mulai mendramatisir kondisiku saat itu, meratapi nasib karena jauh dari orang tua, mau pulang pun gak mungkin, gak bawa uang, belum tau celah-celah untuk kabur dari pesantren, gak ada HP, dan belum ada medsos seperti sekarang.

Read the rest of this entry »

Tinggalkan komentar »

PENGAMAT PERGERAKAN MATAHARI

Seminggu pertama dengan status baru sebagai SANTRI BARU mendadak jadi seseorang yang sangat perhatian dengan pergerakan matahari. Apapun kegiatannya di asrama ataupun di kelas, kedua mataku tak pernah lelah mengamati posisi matahari. Alasannya sederhana saja, ingin memastikan bahwa waktu cepat berganti, siang berganti malam, hari berganti minggu, dan akhirnya waktu kunjungan tiap Jum’at Legi pun tiba, dan kemudian terus berganti hingga datang waktu liburan. Setelah seminggu pertama berlalu, aku pun secara perlahan mulai mengurangi kebiasaan tersebut dan menikmati warna-warni kehidupan di Pesantren yang ternyata terasa sangat singkat.

Tinggalkan komentar »

AKU KEMBAR?

 

Tidak baik dan bijak jika kita menerima suatu informasi mutlak adanya, tanpa ada proses analisis. Bukan berarti berprasangka buruk, hanya mencegah retaknya suatu hubungan karena ketidakbijakan kita dalam menyikapi suatu informasi

Di hari pertama aku masuk pesantren, mendadak aku punya KEMBARAN. Kembaran dari Jakarta. Aku pun bingung. Seingatku, aku satu-satunya anak pertama orang tuaku dari lahir hingga saat itu. Kalau pun ingin dianalogikan dengan skenario drama, rasanya MUSTAHIL aku punya kembaran, apalagi dari Jakarta. Seluruh keluarga besarku asli dari tegal, bermuqim di tegal, dan hanya satu atau dua yang muqimnya cukup syarat jama’ dan qashar. Tapi sejujurnya, pertanyaan teman baruku di pesantren sempat membuatku berpikir keras dan agak takut jika memang benar aku mempunyai kembaran. Melihat ekspresi mereka yang seakan yakin bahwa aku memang kembar dengan salah satu teman mereka. Akhirnya setelah aku didera rasa penasaran hingga berjam-jam, datanglah si calon kembaranku itu ke asrama dan disuruh masuk ke kamar santri baru dimana aku berada. Read the rest of this entry »

Tinggalkan komentar »

Garis Kehidupan dalam Genggaman Tangan

 

I’m the master of my fate. I’m the captain of my soul

Invictus, William Henley

Di suatu kota, ada seorang pengusaha yang kaya raya. Ia memiliki keluarga yang harmonis, kehidupan spiritual yang baik, serta dikenal dermawan oleh masyarakat sekitar. Waktu mudanya konglomerat itu berasal dari keluarga yang sangat miskin. Namun ia mampu mengubah hidupnya dari bukan siapa-siapa menjadi orang yang sangat disegani di lingkungannya.

genggaman 1genggaman 2genggaman 3

Karena penasaran, ada seorang pemuda yang ingin belajar menimba pengalaman dari pengusaha tersebut. Pemuda itu memberanikan diri untuk mengirim surat yang isinya meminta kesempatan untuk bertemu langsung dengan sang pengusaha untuk bertanya beberapa hal. Akhirnya pemuda itu berhasil menemui si pengusaha. Read the rest of this entry »

Tinggalkan komentar »

Transformasi Sang Elang

 

Hanya orang yang berani gagal total yang akan meraih kebahagiaan total.

John F Kennedy

Elang merupakan jenis unggas yang mempunyai umur paling panjang di dunia. Umurnya bahkan bisa nyampe 70 tahun. Tetapi untuk merasakan umur yang sepanjang itu seekor elang harus membuat suatu keputusan yang sangat berat pada umurnya yang ke 40-tahun.

Jarang yang tahu, ketika elang sudah berumur 40 tahun, ternyata cakarnya mulai menua, paruhnya menjadi panjang dan membengkok hingga hampir menyentuh dadanya. Sayapnya juga demikian, menjadi sangat berat karena bulunya telah tumbuh menjadi lebat dan tebal, sehingga sangat menyulitkan elang ketika terbang. Nah, pada saat itu elang hanya mempunyai dua pilihan. Pilihan pertama, ia pasrah dengan keadaan dan kelemahannya itu. Pilihan kedua, ia berjuang untuk melalui suatu proses tranformasi yang sangat menyakitkan 150 hari. Pilihan pertama tentu saja risikonya ia akan menjadi makhluk lemah yang hidupnya tinggal menuju kematian. Pilihan kedua, ia menjadi makhluk dengan kekuatan baru, sehingga punya peluang untuk menjadi lebih kuat, lebih tangguh dan hidup lebih lama lagi. Read the rest of this entry »

Tinggalkan komentar »

JUST BE YOURSELF

 

Jika engkau kecewa dan mengeluh terhadap kekurangan yang ada pad dirimu sendiri, maka datanglah kepada arsitek yang telah merancang dan menciptamu

Zig Ziglar

Cass Daley hanyalah seorang dirigen orkes kelas kampung. Ia ingin menjadi penyanyi terkenal. Tetapi sayang, wajahnya sama sekali tidak mendukung. Mulutnya lebar dan giginya tonggos, menjorok ke depan. Ia menyanyi untuk yang pertama kalinya di sebuah klub malam di New Jersey. Karena malu dengan gigi tonggosnya, ia berusaha menutupi giginya dengan bibirnya sebelah atas. Tapi bukannya tampil memesona, penampilannya malah menggelikan. Semua penonton menertawakannya. Mukanya memerah dan ia merasa menjadi manusia yang paling sengsara di dunia.

 

Read the rest of this entry »

Tinggalkan komentar »

Memaknai ‘Kemenangan’

Banyak orang yang salah mengartikan kemenangan. Kemenangan bukan hanya ketika kita berhasil menaklukkan musuh di sebuah pertempuran, mengalahkan lawan di suatu pertandingan, dan bukan pula ketika kita berhasil mencapai prestasi yang terbaik atau ketika kita berhasil mendapatkan semua yang kita inginkan .

Read the rest of this entry »

Tinggalkan komentar »

PWI BUKAN MASJID

Senin, 3 November 2014, bertepatan dengan H-6 agenda besar di Jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED, Hari itu saya dan partner saya, Tata, mendapatkan tugas untuk mengantarkan surat ke beberapa tempat, salah satunya adalah ke Kantor PWI Banyumas. Read the rest of this entry »

Tinggalkan komentar »

%d blogger menyukai ini: