JURNAL SANTRI UNTUK NEGERI

Jendela Dunia

Great Moment: Sambutan Pelepasan Calon Wisudawan Fakultas

pada Desember 17, 2015

Senin, 7 september 2015 saya mendapatkan SMS dari pihak bapendik jurusan yang meminta saya untuk memberikan sambutan sebagai perwakilan dari wisudawan terbaik Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan. sebelumnya saya sama sekali tidak memprediksi bahwa saya yang menjadi wisudawan terbaik tingkat fakultas. baru kemudian saya percaya ketika ibu Dekan menyampaikan bahwa IPK tertinggi FIKes untuk program sarjana diraih dari Jurusan Kesehatan Masyarakat and that’s me.

Saya tidak pernah mentargetkan untuk menjadi yang terbaik di tingkat fakultas, hanya target terbaik di tingkat Jurusan dan saya kejar dengan selalu berusaha semaksimal mungkin di tiap semesternya dan mengulang kembali mata kuliah yang nilainya masih belum maksimal. Saya sangat bersyukur memiliki dosen Pembimbing Akademik yang setiap konsultasi selalu mengarahkan mahasiswa bimbingannya untuk mengejar target setinggi mungkin dan tetap seimbang antara kuliah dan organisasi.

Back to topic, saya pun langsung menyusun naskah yang akan saya sampaikan pada hari PCW yaitu seminggu kemudian, senin 14 September 2015. saya googling postingan teman-teman yang lain dan browsing juga di Youtube unggahan video sambutan wisudawan terbaik. dan ini dia naskah sambutan yang saya sampaikan saat PCW,

ASSALAMU ‘ALAIKUM WR.WB

Selamat pagi dan salam sejahtera

Alhamdulillahi…..ilal akhir (muqoddimah)

Yth. Dekan FIKes UNSOED Ibu Dr.Warsinah …

Yang saya hormati, Para Wakil Dekan FIKes UNSOED

Yang saya hormati, ketua jurusan, dosen, dan seluruh staf kependidikan

Hadirin tamu undangan, orang tua/wali/pendamping calon alumni serta sahabat2 calon alumni yang berbahagia

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan YME, karena pada hari ini kita masih diberi nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga dapat berkumpul dalam ruangan ini dalam suasana khidmah dan bahagia untuk mengikuti acara pelepasan calon alumni FIKes UNSOED yang ke …. tanpa suatu halangan apapun

Sholawat dan salam senantiasa tercurahkan untuk baginda Kita, Nabi Agung Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan.

Hadirin yang berbahagia,

Diterima dan menjadi mahasiswa di FIKes UNSOED ini merupakan sebuah prestasi dan kesuksesan dalam hidup ini, begitu pula dengan berhasilnya kita menyelesaikan studi dan akan segera menjadi alumni UNSOED. 4 tahun atau mungkin ada yang lebih dari 4 tahun kami menuntut ilmu disini, berinteraksi dengan seluruh civitas akademik, belajar, berdiskusi, mengabdi kepada masyarakat, dan melakukan penelitian ilmiah demi mewujudkan tri darma PT dan untuk menjaga marwah UNSOED, yang merupakan kampus terlahirnya generasi pangsar Jenderal Soedirman yang dikenal dengan jiwa visioner dan berperan sebagai sang mubaligh, pendidik, demokrasi, dan prajurit.

Kami sangat berbahagia dan bersyukur menjadi bagian dari FIKes UNSOED yang telah memberi banyak pelajaran untuk perkembangan pribadi, mengajarkan nilai2 perjuangan Jenderal Soedirman yang sangat berguna sekarang hingga di kemudian hari.

Kampus ini merupakan tempat kami menembus batas untuk memperbaiki realitas dan mengasah kreativitas. Kampus yang diisi para pemimpi untuk memberikan inspirasi, berbagi kreasi, dan memperbaiki negeri ini.

Hadirin yang berbahagia,

Perkenanlah saya mewakili sahabat2 calon alumni FIKes untuk menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi tingginya kepada:

  1. Dekan dan wakil dekan FIKes UNSOED yang telah mebimbing kami,….
  2. Ketua jurusan dan ketua program studi atas kerja kerasnya membangun dan mengembangkan iklim pembelajaran yang baik bagi kami,
  3. Bapak dan ibu dosen serta seluruh staf bapendik atas bimbingan, kesabaran, dan dedikasinya dalam mendidik kami,
  4. Seluruh civitas akademik di lingkungan FIKes UNSOED atas kontribusinya dalam membantu kami meraih apa yang kami impikan,
  5. Pengasuh Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri beserta seluruh asatidz, dewan guru, dan pengurus yang telah membimbing saya dan mengajarkan ilmu-ilmu serta memberikan nasihat dan hikmah.

Hadirin yang berbahagia,

Di balik keberhasilan kami dalam menyelesaikan pendidikan di UNSOED ini terdapat doa dan dukungan yang kuat dari kedua orang tua kami serta seluruh keluarga dan sanak saudara yang senantiasa berdoa dan memperjuangkan kami, mereka yang selalu memberikan pendidikan, perhatian, dan pengalaman terbaik bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kepada kedua orang tua kami, bapak-ibu/abi-umi/abah-umi..

Calon alumni yang berbahagia,

Hari ini telah bertambah tanggung jawab moral atas gelar yang disematkan beserta nama kita, tanggung jawab sebagai mahasiswa memang telah usai, akan tetapi tanggung jawab atas ilmu dan gelar yang kita punya akan selalu berada dalam pundak kita.

Dalam kondisi masyarakat saat ini, menjadi keharusan bagi kita semua untuk memberikan kontribusi bukan hanya pemikiran2 dalam tataran konsep, apalagi hanya sekedar berwacana, tetapi melalui aksi nyata sebagai agen of change pembawa perubahan bagi masyarakat di sekitarnya.

Apapun yang kita lakukan setelah ini, menjadi politikus, akademisi, peneliti, wirausahawan, penggerak LSM dsb semoga kita menjadi seorang negarawan yang peduli pada masyarakat, memahami kondisis masyarakat, dan mulai menyusun langkah2 untuk mencapai kondisi masyarakat yang ideal dengan potensi yang ada. Dimanapun tempat kita bekerja, yakinlah bahwa disitu tempat kita untuk belajar, belajar memahami dan memaknai kehidupan.

Hadirin yang berbahagia,

Tidak lupa pula kami, calon alumni mohon doa restu semoga kami semua setelah benar2 lepas dan menyandang gelar sarjana dan profesi, dapat berperan sebagai aktor intelektual di tengah2 masyarakat yang membawa nama baik dan kehormatan almamater UNSOED.

Dalam kesempatan ini, kami pun menyadari bahwa selama menempuh pendidikan di UNSOED ini terdapat banyak kesalahan atau kekurangan yang telah kami lakukan dalam bertindak berkata dan bersikap. Untuk itu kami memohon maaf kepada segenap pihak, terutama kepada bapak dan ibu dosen dan segenap staff bapendik sehingga selepasnya kami disini tidak ada lagi ganjalan di hati sebagai penghambat tali silaturrahim bagi kita.

Akhir kata, kami sangat berharap jalinan komunikasi antar alumni tetap terjaga sehingga terjadi sinergi untuk membangun kampus dimana kita telah berproses.

Hadirin yang berbahagia,

Demikian…….

Satu kalimat definisi SUKSES menyatakan.“SUCCESS is not about how many money you can get, not about how many property you can collect, is’s about how many peoples you can bring from meaningless to be meaningful”.

 

Wassalamu ‘Alaikum WR.WB

syukur Alhamdulillah, banyak yang mengapresiasi sambutan saya, bahkan orang tua saya sampai menanyakan ‘kamu ngamalin apa sih Lu sebelum maju sambutan? kok abis sempet nangis tadi masih bisa ngontrol emosi n bisa lancar sampai selesai?

yup, saya memang sempet menitikkan air mata saat menyampaikan ucapan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada kedua orang tua yang telah memberikan pendidikan yang sangat luar biasa kepada saya, memondokkan saya di PPST Ar-Risalah selama 6 tahun, menahan rindu untuk berjumpa, berjauhan tanpa berkomunikasi selama sebulan (karena memang sama sekali gak boleh bawa HP dan alat komunikasi yang lainnya), dan kemudian memberikan kesempata kepada saya untuk kuliah hingga selesai.

ini dia foto-foto penuh kenangan n best moment banget deh, oiya abi tercinta juga dapat kesempatan untuk memberikan sambutan sebagai wakil wali orang tua calon wisudawan dan sempat nervous di awal hehe

DSC_0140

prosesi pengalungan medali untuk calon wisudawan oleh Ketua Jurusan dan Dekan FIKes

DSC_0240.jpg

mee saat memberikan sambutan, meski sempet nangis terharu tapi Alhamdullillah bisa lancar sampai akhir🙂

DSC_0243.jpg

meee saat memberikan sambutan

DSC_0245.jpg

Abi saat memberikan sambutan sebagai wakil dari wali calon alumni


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s